pasang

Hobi Bikin Usaha - Berapasih Modal Untuk Memulai Bisnis Online?

Hobi Bikin Usaha - Walah ini dia pertanyaan yang sering di tanyaakan, lha kalau saya sekarang balik tanya gimana?? lha mau bikin usaha bisnis online apa toh??. xixixxi....jangan marah ya kawan saya cuman bercanda kuk hehehe....nah menjawab pertanyaan di atas tadi berapasih modal untuk memulai bisnis internet?? saya pribadi menanggapi  pertanyaan seperti itu saya jawab relatif sih, nah cuman gitu aja. ini bertanda belum baca artikel saya yang membahas mengenai Mengenal Peluang Usaha Bisnis Online heheh.....lha iya toh lha wong pertanyaanya aja luwas dan kurang spesifik daripada saya ndak jawab ckckckc...mending jawab gitu aja yah....hahha..

Nah contoh nih misal kita mau bikin usaha internet dengan modal kecil sudah saya rangkum lengkap di artikel membangun bisnis internet dengan modal minimal nah sedangkan jika kita lihat secara menyeluruh modal awal untuk semua jenis usaha internet bisa kita lihat berikut ini :

Plan 1
Asumsi, Anda belum memiliki komputer sendiri dan tidak bisa menggunakan fasilitas komputer dan internet di kantor dengan bebas (atau emang pengangguran).

Sewa warnet, rata-rata 2 jam / hari @ Rp 2.000,- = Rp 120.000,- / bulan
Transport ke warnet @ Rp 5.000,- / hari = Rp 150.000,- / bulan
Hosting = Rp 50.000,- / bulan
Domain @ Rp 120.000,- per tahun = Rp 10.000,- / bulan
-----
Total = Rp Rp 330.000,- / bulan tanpa modal awal

Plan 2
Asumsi, Anda mengeluarkan modal ekstra untuk membeli komputer atau laptop  sehingga bisa bekerja di rumah.

Beli komputer / laptop = Rp 3.000.000,-
Beli modem mobile = Rp 1.000.000,-

Biaya mobile internet = Rp 150.000,- / bulan
Biaya listrik = Rp 100.000,- / bulan
Hosting = Rp 50.000,- / bulan
Domain @ Rp 120.000,- per tahun = Rp 10.000,- / bulan
-----
Total = Rp 420.000,- / bulan dengan modal awal sebesar Rp 4.000.000,-

Angka nominal di atas memang hanya perkiraan saja, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran agar persiapan bisnis internet Anda bisa menjadi lebih total. Saya sengaja memasukkan hosting dan domain karena hampir semua bisnis internet membutuhkannya. Setidaknya, secara personal Anda akan membutuhkan sebagai sarana self branding, sesuatu yang (sebenarnya) sangat diperlukan untuk bertahan di bisnis internet. Selain itu, saya sengaja tidak memasukkan faktor X yang bersifat individu ke dalam perkiraan di atas. Contohnya adalah apabila yang bersangkutan dapat menggunakan fasilitas internet secara gratis di kantor. Atau mendapat hibah laptop dari orang tua atau saudara.

Bagaimana jika tidak ada uang untuk dijadikan modal? Ingat, modal tidak hanya berupa materi saja, skill Anda juga adalah sebuah modal yang berharga. Ini akan dibahas lain waktu. Terus jika benar-benar tidak ada modal berupa uang atau skill? Apa harus ke laut aja deh loe? Nggak lah. Meskipun modal dengkul itu gak ada, tapi Anda bisa saja bermodal dengkul dan dahi. Apa itu? Banyak-banyak bersujud dan berdoa kepada-Nya.

Hobi Bikin Usaha - Berapasih Modal Untuk Memulai Bisnis Online? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

Blogger Widget Get This Widget